Rambut Rontok,,Gara-gara pake kerudung???

Rambut rontok,,,,sebenarnya apa sih rambut rontok itu??!!!
Bisa dibilang rambut rontok itu kalo rambut tersebut lepas disertai akarnya (titik putih di pangkal rambut) berjumlah lebih dari 100 helai perhari. Buat orang Asia, ada yang yang bilang harus hati-hati kalo rambut yang lepas perhari lebih dari 50 helai. Jadi, dibawah jumlah tersebut Insya Allah kerontokan normal yang gak perlu dikhawatirkan, soalnya setiap hari sekitar 15% dari seluruh rambut kita (jumlah sekitar 100.000 helai) mengalami fase lepas. Apalagi bila rambut yang lepas tidak ada akarnya maka disebut RAMBUT PATAH, bukan RAMBUT RONTOK.

Cara menghitung kerontokan rambut ialah dengan mengumpulkan seluruh rambut yang lepas tiap hari, dari sisir, seprai, sarung bantal, lantai dan penyaring kamar mandi selama 3-7 hari berturut-turut, kemudian dihitung yang ada akarnya dan dibagi jumlah hari pengumpulan. Bila yang ada akarnya lebih dari 100 helai / hari, sebaiknya datang ke dokter ahli kulit dan kelamin untuk diperiksa lebih lanjut. Tapi repot banget ya….!!! Ya, itu sih terserah kalian, cuma buat menentukan, kalian tuh termasuk penderita rambut rontok, rambut patah, atau bukan penderita rambut apapun alias normal (he…3x lebay banget y).

Dari hasil penelitian tahun 2001, (106 mahasiswi berusia 17-25 tahun, 54 berkerudung, 52 tidak berkerudung), ternyata tidak ada hubungan antara kerudung dengan kerontokan rambut ! Subhanallah! Jadi, insya Allah, jangan khawatir bagi pengguna kerudung , ga bikin botak kok! Malah bikin sehat coz rambutnya jadi lebih terjaga baik dari sengatan matahari maupun pandangan-pandangan para ikhwan iseng.

Selain itu, penyebab kerontokan rambut lainnya yaitu hormon, penyakit dalam kronis, radiasi, penyakit jamur kulit, alergi, penyakit kulit kronis, dan stress emosional (makanya harus pandai-pandai menata hati biar selalu menjadi orang yang sabar).

Ada tipz-tipz yang insya Allah jitu dan tepat untuk perawatan rambut yang berdasarkan riset terpercaya (cie,,sok tau…!!!).
1. tidak menyisir rambut ketika basah;
2. biarkan kering alami;
3. Hair dryer : temperature rendah;
4. Hair dryer : jarak 10-15 cm;
5. sisir, bukan sikat rambut;
6. siisr bergigi jarang;
7. tidk mengikat rambut terlalu kencang;
8. sering mengubah garis belahan dan gaya rambut;
9. sering mengurai rambut;
10. menyisir rambut secukupnya;
11. melindungi rambut dari sinar matahari;
12. menyediakan waktu untuk merawat rambut;
13. memakai kerudung dengan baik;

Pemakaian kerudung yang baik tuh kayak gene neeh!!!
1. bahan katun / kaos
2. tidak pakai lapisan dalam yang diikat dan jangan pakai bando
3. jumlah lapisan < 4
4. pakai warna lembut / putih lebih sering karena tidak menyerap panans
5. tidak menutup rambut ketika basah
6. panjang rambut < 60 cm
7. pamakaian dilepas menutup dada, agar aliran udara tidak terhambat. Dan tentu saja sesuai dengan syariat islam.

Nah,, gitu deh!!terbongkar kan ternyata rambut rontok tuh bukan karena pake kerudung. Kalo ampe ada yang mo buka kerudung lantaran rambutnya rontok,,,,waduh rugi berat & rugi dua kali, dah mah bikin rambut gampang kotor dan rusak coz kena sinar matahari langsung and debu-debu jalanan, dosa lagi!!!meninggalkan syariat islam yang sudah jelas hukumnya.
Makanya kalo mau melakukan sesuatu itu harus tau ilmunya dulu..
Be Smart Ahkwat…..Oceh!!

2 Comments »

  1. 1

    makasih ia……
    berarti jan terlalu sring pke krdung warna item jah,
    jan pke lapisan kepala???
    maksud’a ciput????

    ribet juga ia ngrawat rmbut, palagi q orang’a gug mu repot,
    tapi untunglah q bukan termasuk iank menderita kerontokan rmbut parah,
    sehari gug nympe 100 kug, kyak’a…………

    tpi klo rmbut gug d iket panas bgt pke krdung’a….

    tpi alhmdulilah deh, jadi bukan krna krdung rmbut jadi mkin parah….
    kira2 shampoo iank cocok aph ia????
    boleh sbut merk gug se????

    sekali age tnx much ia,


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: